BELAJAR GITAR

Saturday, May 20, 2006

5 LANGKAH MUDAH MENYETEL GITAR ELECTRIC

Jika kamu ingin mendapatkan lebih dari gitarmu, tapi kamu tak tahu dimana harus memulainya. Ini dia 5 langkah yang akan membimbingmu agar gitarmu bisa dimainkan dengan baik. Disini ada beberapa dasar yang kamu mesti mulai:

- Satu set alat ukur feeler (.002 - .025)
- Penggaris 6” (dengan 1/32” dan kelipatan 1/64”)
- Obeng
- Tuner Elektronik
- Gunting/Pemotong kabel
- Penggulung senar
- Minyak mesin yang ringan (3-in-1, toy locomotive, atau gun oil)
- Kain dan pemoles
- Capo


Langkah 1. Mengganti String
String itu ibarat darah bagi gitarmu. Bila stringmu dalam kondisi prima, begitu pula gitarmu. Agar string bisa berpenampilan prima, harus diganti secara berkala. String yang sudah kehilangan integritas (dimana string terlalu banyak ditekan melawan fret) atau sudah berkarat, berdebu atau kotor.
Untuk melihat jika kamu perlu menggantinya, raba dengan jari sepanjang string dan rasakan kekotorannya, begitu berdebu atau terlalu banyak kotoran. Jika kamu temukan salah-satunya, kamu harus menggantinya dengan segera. Pastikan mengulur string dengan benar. Setelah kamu memasang satu set string yang baru dan sudah di tune terhadap pitch nya, pegang string pada fret pertama dan sangkutkan jari di bawah masing-masing string (bersama-sama) dan sentakan dengan ringan, gerakkan tanganmu dari bridge ke neck. Tune ulang dan ulangi untuk beberapa kali.
Langkah 2. Mengatur Bridge dan menyetel intonasi
Ada banyak jenis bridge, tapi semuanya bedasar pada satu tujuan yang harus diingat; pasti bahwa terdapat cukup break angle untuk string di atas saddle (setidaknya 30 derajat). Banyak pengingar bagaimana mengatur bridge, seperti dalam hal ini menyetel tremolo, berbeda orang juga berbeda rasa.
Pada bagian ini kamu bisa mengeset awal intonasi dasar gitarmu, dengan mengambil pita ukur dan mengukurnya dari dalam nut ke tengah fret ke-12 (besinya, bukan fingerboardnya). Gandakan pengukuran untuk mendapatkan panjang skala gitarmu. Atur saddle bridge string pertama terhadap panjang skala ini, ukur dari dalam nut ke titik tengah saddle bridge. Sekarang, atur jarak saddle saddle string ke-dua kembali dari saddle pertama, dengan menggunakan ukuran string ke-2 sebagai alat pengukurannya (Contoh: Jika string ke-2 .011” kamu harus memindahkan string ke-2 kembali .011” dari saddle pertama). Pindahkan yang ke-3 kembali dari saddle ke-2, dengan menggunakan ukuran string ke-3 sebagai alat pengukurnya. Saddle string ke-4 harus di set parallel dengan saddle string ke-2. Lakukan juga string ke-5 dan ke-6 dengan cara yang sama untuk string ke-2 dan ke-3.

Langkah 3. Mengatur Truss Rod
Kegunaan truss rod adalah menyangga/melawan tegangan tarik dari string yang ditempatkan dalam neck. Tegangan ini bisa menyebabkan pergeseran kayu yang dipengaruhi oleh lingkungan seperti suhu dan kelembabab. Untuk mengatur truss rod: teliti tuningnya. Kemudian pasang capo pada fret pertama, tekan string ke-6 pada ujung fret. Dengan menggunakan alat ukur feeler, cek gap antara bagian bawah string dengan permukaan atas fret ke-8 – hasilnya harus kira-kira .010”. Pengaturan headstock(Kunci L): jika neck terlalu cekung, (gitar dalam posisi sedang dimainkan, cari kunci di sekitar neck) putar mur sesuai arah jarum jam. Cek tune nya, kemudian cek gap lagi dengan alat ukur feeler. Dalam hal lain, jika kamu agak rewel atau butuh pengaturan, atau kamu merasa cara ini kurang memuaskan hubungi Service Center resmi.

Langkah 4. Menyetel Tinggi String
Untuk beberapa pemain menyetel string rendah terhadap fret agar di waktu memainkan tidak terlalu menekan dengan keras. Tapi ada juga pemain yang dengan sengaja menyetel agak tinggi untuk menghindari bunyi string beradu fret yang kasar. Check tuningnya. Gunakan penggaris 6”, ukur jarak antara bawah string dengan permukaan atas fret ke-17. Atur saddle bridge atau jika saddlenya sudah di preset dari pabrik, atur ketinggi bridge dengan obeng, kira-kira 4/64”. Adakan percobaan dengan ketinggian itu hingga suara yang dinginkan tercapai.

Langkah 5. Mangatur Ketinggian Pickup
Mengatur terlalu tinggi pickup bisa menyebabkan myriad fenomena yang tidak jelas. Merenggangkan semua string di ujung fret. Dengan menggunakan penggaris 6”, ukur jarak dari bawah ke string ke-1 dan ke-6 terhadap bagian atap bagian kutub. Atur jaraknya dengan dua bagian luar dudukan sekrup pickup. Jaraknya harus lebih besar terhadap string ke-6 – posisi pickup neck, dan lebih dekat terhadap string ke-1 – posisi pickup bridge. Jaraknya akan bervariasi tergantung jumlah gulungan magnet pada pickup. Bila kamu sudah selesai dengan langkah di atas kamu mestinya bisa dibilang siap. Ingat gitar merupakan alat musik yang peka, tune ulang, mainkan dan atur lagi jika diperlukan.

- End of 5 Langkah Mudah Menyetel Gitar Electric

1 Comments:

At 1:15 AM, Blogger AGL - Team said...

bagi yang ingin memperdalam gitar silahkan ke www.gitarzoom.blogspot.com, trims

 

Post a Comment

<< Home