BELAJAR GITAR

Saturday, May 20, 2006

BLUES GITAR UNTUK PEMULA – BAGIAN 1

Mempelajari Blues dari dasar di sini dalam pelajaran blues Michael Longs
Writted by Axeface - added the 8/30/2000
Diterjemahkan oleh hk, 20-sep-2002

Halo semuanya. Artikel ini akan memperkenalkan kamu pada blues. Kita akan memulai dari yang paling dasar – dan sayangnya ini harus menerangkan sedikit teori (tapi jangan cemas – mudah koq).

Untuk memulai, kita harus membahas apa yang dimaksud dengan blues itu sendiri. Umumnya orang bilang (itu akan jadi hal utama dalam artikel ini) blues berdasar pada progresi chord I – IV – V(atau V7) –itu saja, chord tonic (chord I), sub-dominant (IV) dan dominant (V) atau dominant ke-7 (V7)
(Catatan: gambaran I – IV – V bisa sebagai 1 – 4 – 5).

Dalam praktek, ini diterjemahkan dengan progresi E – A – B(7) (dalam E Major), A – D – E(7) (A major) dan seterusnya. Saya akan memfokuskan pada progresi E untuk saat ini – tapi kita akan membahas kunci yang lain kemudian.

OK, sekarang kita telah mengetahui teori dasar struktur chord. Kita sekarang perlu menggunakan chord-chord ini untuk membentuk progresi. Bentuk umum dan sering ditemukan adalah Blues 12 Bar. Ini sering dipakai di banyak jenis musik, blues pada masa awal, rock, ataupun jazz. Bagaimanapun...kita dapat memilah ke 12 bar, dan menempatkan chord pada bar-bar tsb, sebagai berikut (gunakan open chord untuk memulainya):



Untuk memainkan bar di atas, masing-masing abjad dimainkan satu strum (genjreng), dan satu garis miring (/) strum yang lain, lebih lanjut menandakan 4 strum setiap bar. Jadi lebih gampangnya empat kali strum pada tiap bar.

Saya tahu ini akan terlihat mudah, tapi jika kita mulai dengan benar, nanti kamu mesti bisa menyelesaikan hal yang lebih berat (percayalah, ini akan lebih mudah mempelajari dengan cara yang benar, daripada mempelajari ulang sesuatu yang kamu pikir sudah tahu).

Jadi sekarang kamu dapat memainkan progresi blues dasar, sisanya akan menjadi lebih mudah. Langkah selanjutnya mengubah informasi di atas menjadi kunci-kunci yang berbeda, pola genjreng yang berbeda, pola picking(petik) yang berbeda...dasarnya mengubah dan menjadikannya lebih baik dari dasar-dasar di atas, dan membuat kreasi kamu sendiri. Kamu mesti memulai untuk mengembangkan gaya main sendiri dengan baik dan itu terserah kamu, agar menjadi ciri khas permainan kamu sendiri :)

Dalam artikel mendatang dari seri ini, akan dibahas:
[a] kunci yang berbeda
[b] chord yang berbeda
[c] memulai solo, dan jika memungkinkan
[d] beberapa teknik solo (pola petik dll)

Nikmati aja :)
----------------------------------------------------------------------
(c) Michael Long (axeface@hotmail.com) 1999. All rights reserved.
(ok, there is no copyright, but it still looks good. If you wish to use any part of this, just mail me and credit me, and it should be fine)

- End of Blues Pemula Part #1.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home