BELAJAR GITAR

Saturday, May 20, 2006

BLUES GITAR UNTUK PEMULA – BAGIAN 4

Belajar Blues dari dasar di sini dalam pelajaran blues Michael Longs
Writted by Axeface - added the 8/30/2000
Diterjemahkan oleh hk, 20-sep-2002

Halo dan selamat datang pada artikel ke-emapt “Blues untuk Pemula”. Sudah beberapa bulan sejak artikel terakhir, dan terima kasih pada semua orang yang telah mengirimi email beserta saran dan sanjungan – ini dia :)

Terakhir kita jumpa, artikel memfokuskan pada permulaan solo, dan untungnya, bulan ini saya akan menunjukkan kamu:

* nada-nada blues dalam solo
* trick dan bend
* solo buatan sendiri

Jika kamu ingat kembali pada artikel sebelumnya (#3), kamu akan ingat bahwa saya menggaris-bawahi 5 bentuk yang dapat digunakan untuk membuat solo. Nada-nada yang digaris-bawahi ada yang mendasari scale blues tipikal, dikurangi nada ‘blue’ (atau b3 dan 5th). Nada-nada ini sangat bermanfaat dalam pembuatan suara bluesy kental pada solo buatanmu, ditambah kenyataan bahwa suaranya memang manis sekali.

OK – mari bekerja di kunci A lagi, dan lihat bentuk utama ini.



Ini seperti tertulis dalam artikel sebelumnya. Nada blue akan menambahkan cita rasa, dan seperti di diagram berikut



Nada yang saya tempatkan dlm kurung, pisahkan – itu tidak akan cocok terhadap semuanya, jadi mainkan dan dengar aja, dan dengan keberuntungan, kamu akan petik dengan bakat alami.

Sekarang, saya sudah bisa mulai memperbincangkan tentang hybrid blues/scale mixolydian, model yang berbeda dan semua hal teori, tapi akan jadi asyik, dan mempertimbangkan ini hanya intro dari blues, siapa peduli. Mungkin dalam beberapa artikel mendatang saya akan memberikan pengetahuan lanjut (email dengan ide-ide :) memainkan dua bentuk – memulai dengan bentuk normal, tanpa nada-nada blue, dan kemudian melanjutkan ke bentuk nada-nada blue. Jika kamu pingin membumbui sedikit latihan, lihatlah pola petik di bawah ini. Ini sangat dasar, dan bisa sangat membantu dalam membuat petikanmu lebih cepat dan lebih akurat.



Seperti sebelumnya, ini merupakan bentuk utama (1) dalam kunci A – jadi, kamu dapat memindahnya kemanapun ke kunci yang dininginkan. Ingat juga bahwa ini bisa dimainkan naik atau turun sepanjang string – sebagai contoh: dari tinggi ke rendah (seperti tertulis) dan rendah ke tinggi. Juga, coba tambahkan nada-nada blue pada setiap alternate run – contoh: tinggi ke rendah tanpa nada blue, kemudian rendah ke tinggi dengan nada blue. Atau campurkan sedikit. Jika kamu gunakan ini sebagai pemanasan, kamu akan meningkatkan permainan kamu cepat dan manis.

Itulah dasar nada blue, dan tentu, itu bisa ditemukan di masing-masing kelima pola, tapi sebagai PR, saya akan biarkan kamu menemukannya sendiri – hanya dengan mengikuti aturan yang sama seperti di atas (mol 5th, dalam kunci A – itu Eb) dan kamu tidak akan salah (kecuali saya sendiri yang salah).

Bagaimanapun....bergerak pada beberapa trick solo. Ini sungguh bagian yang menyenangkan dari permainan blues. Jika kamu piawai pada sedikit trick ini, kamu harusnya sudah berada pada cara memainkan blues dengan gaya.

Untuk memulai, mari menuju ke jenis utama ‘bakat alam’ dalam ber solo – bend. Sering, kamu akan temukan gitaris yang suka bend, atau tak tahu bagaimana melakukan bend, atau seenaknya saja main bend padahal pada tempat yang salah. Teknik adalah segalanya, tapi jika kamu tak mau disusahkan dengan mengikuti norma, lakukan aja yang paling nyaman (saya pikir ini anjuran yang tak bagus, untuk beberapa memang terlihat bisa lebih mudah).

OK – sebelum kita mulai, ada sedikit aturan yang harus diikuti – pertama-tama, kamu tidak boleh melakukan bend semua nada dalam scale – suaranya akan jelek, cepat membuat bosan, dan membuat kamu terlihat sedikit bodoh. Di bawah ini sedikit bend yang akan terlihat baik, dan kamu akan menemukan dalam permainan solo blues (kita masih dalam kunci A). (Nada dalam kurung adalah nada yang harus di bend. Di bawah ini sedikit lick untuk digunakan dalam latihan sehari-hari)



Maaf tak ada banyak disana, tapi ini begitu sulit untuk diketik. Jika kamu sungguh berminat tentang bend dan trick, sisihkan $20 untuk membeli buku mengenai itu, atau beberapa macam buku untuk mempelajari trick – saya tak mungkin menulis semua, dan butuh waktu banyak untuk mempersingkat artikel ini.

Saya tahu bahwa saya bilang inilah ke 5 seri artikel itu, dan mungkin masih, bagaimanapun, masih ada sedikit konsep yang menggantung dalam pikiran yang ingin saya keluarkan, jadi... akan saya hentikan pada bagian 6. Solo buatan sendiri akan menyusul, dan artikel mendatang ini akan memfokuskan pada “target note’ – apa yang mau dituju dan dimana. Ada beberapa teori, jadi lihat, itu mestinya menyenangkan. Jangan lupa mengecek email masuk – untuk mendapatkan feedback dan tahu bahwa ada orang yang membaca artikel ini.

Ingat untuk selalu nggenjreng dan kirimi email beserta pertanyaan, komentar, segala hal.(axeface@hotmail.com)


- End of Blues Pemula Part #4.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home