BELAJAR GITAR

Saturday, May 20, 2006

BLUES GITAR UNTUK PEMULA – BAGIAN 5

Belajar Blues dari dasar di sini dalam pelajaran Michael Longs
Writted by Axeface - added the 8/30/2000
Diterjemahkan oleh hk, 24 sep 2002


Selamat bertemu lagi dalam dunia blues yang menyenangkan. Saya harus minta maaf atas keterlambatan artikel ini, tapi karena kesibukan saya. Terima kasih lagi kepada kamu semua yang telah mengirimi email saya – jika ada sesuatu, silahkan kirim-kirim (axeface@hotmail.com) dan akan saya coba bantu.

Akan ada lagi artikel lain setelah ini; ini hanya harus diselesaikan dulu. Artikel nanti meliputi trick ber solo dan penulisan solo jika kamu sudah menguasai (banyak kerja untuk menulis ini - akan lebih mudah ditulis di atas kertas...tapi kita kan akan melangkah dengan benar). Juga, jika seseorang di sana punya gagasan untuk seri-seri baru, saya tentu senang mendengarnya (tentu saya baca juga).

Artikel ini banyak yang menyenangkan, tapi kamu akan dianjurkan jika mengulang lagi dari ke-empat artikel agar bisa lebih baik, Jadi...untuk artikel ini, saya akan meliput:

* progresi blues (lebih dari sebelumnya)
* bass line
* nada target dan
* solo

Seperti biasanya, saya tidak akan berkutat dari hal-hal di atas, tapi lebih memahaminya.

Artikel yang terakhir saya bicarakan progresi blues. Saat ini, kita akan maju selangkah dan menambahkan solo dalam progresi. Ini tidak serumit seperti yang terdengar, tapi ini butuh banyak berlatih.

Kita akan mulai dalam E – ini karena yang paling gampang. Progresinya sama dengan sebelumnya (E – A – B7) tapi kali ini kita akan mengubahnya sedikit, menambahkan intro dan membumbuinya. Jika kamu ingat kembali artikel pertama yang saya tulis, ada chart chord seperti di bawah in:

(semua chord open – B atau B7 [x21202] tapi lebih bagus B9 [x2122x]




Ini dapat digunakan lagi di sini, dengan hanya mengeset ke minor. Ok...tiga bar awal bagus, dan kita bisa tinggalkan saat ini (kita akan tambahkan intro sejenak). Dalam bar ke-empat, mengapa tidak mencoba memainkannya dengan chord E sedikit – buat seventh atau yang lebih baik, slide(seret) naik bentuk 9th ke fret ke-7 untuk E9 (076777)...ini akan memberikan rasa yang luar biasa dan tone pada suaranya. Hal yang sama juga pada A di bar ke-6, tapi kali ini cukup mainkan dengan jemari untuk chord nya agar menjadi 7th.

Seperti separuh bagian terakhir...inilah bagian yang menyenangkan. OK, kamu bisa mainkan E (bar ke-8) jika kamu mau, tapi ingat, kita akan senggol solo ke sana segera, jadi jangan menambahkan terlalu banyak dulu.

Bar ke-9 boleh dimainkan sebagai B..tapi ini bikin bosan. Jadi...gunakan aja ini:

fingering –
B9 - x2122x
C9 - x3233x

Dan yang mesti kamu mainkan bar ke-9 dan ke-10 ini: untuk bar ke-9, mainkan B seperti tertulis (ke kiri) dan kemudian untuk bar ke-10, mainkan dua perempat ketuk dengan C9 (slide jika kamu mau, fingering sama hanya diseret naik aja) kemudian untuk dua bar lainnya, slide balik ke B...nah ini akan buat suara yang luar biasa. Sekali kamu mainkan ini, kembali ke E, kemudian sedikit intro/outro saya akan tunjukkan kamu sebentar, dan akhiri dengan B9. Tapi sebelumnya, ini chart chord nya:




Selanjutnya, kita mesti menambahkan intro/outro ke progresi untuk membuatnya mengalir bersama dengan baik. Saya akan buat tabnya dengan sedikit progresi ekstra agar kamu melihat bagaimana ini bisa bekerja bersama:



Nada dalam kurung artinya hammer on ke G#. Sisanya hanya mengikuti seperti yang tertulis dalam chart chord di atas. Kamu juga bisa genjreng B9 beberapa kali jika kamu ingin isian...terserah kamu.

Bagian pertamanya mudah dengan E Open, jadi tahan ini dan kamu harus benar. Kamu harus mainkan beberapa nada, tapi tidak terlalu keras seperti yang sudah dimainkan beberapa kali.

Bagian Outtro sangat sama dengan bagian intro, seperti inilah dasarnya bagian yang sama ditempatkan dalam suatu lagu, bukan di awal (akan terasa jika kamu perhatikan). Bagimanapun, apa yang kamu mainkan adalah bagian B9 (bar 9) kemudian C9/B9, kemudian mainkan chord E Open sekali, lalu ke intro/outro, dan ulangi progresi nya.

Ini sungguh mudah setelah beberapa saat dan kamu sudah dijelaskan bagaimana suara seharusnya. Ini banyak yang menyenangkan, dan sungguh mudah (jika kamu sudah memahami).

Sekarang...untuk menambahkan solo – ini akan menjadi tugas nyata untuk dituliskan, jadi saya hanya akan memberikan kamu dasarnya; berikan tanda dimana untuk memainkan solo, dimana untuk memainkan chord dll... ini hanya akan membuang-buang waktu, maaf.

Kamu harus melihat artikel lain yang sudah saya tulis untuk pola(patterns) bermain solo, karena saya tidak mau menulis ulang semua. Pada dasarnya, hal terbaik untuk melakukannya adalah memainkan progresi sekali dan mengingat kunci dalam ingatan baik buatan kamu sendiri dan pendengaran orang lain (jika ada)...ini bukan hanya memainkan intro dan solo selama 10 menit, karena suaranya pasti tidak baik.

Jadi mainkan, atur mood. Omong-omong, tempo untuk ini bisa apapun yang kau mainkan; terserah, dan pilihan progresi ini dapat diterapkan cepat atau lambat...tapi mulai dengan lambat dulu. Gunakan metronom jika punya – untuk menjaga ketukan agar tetap stabil.

Bagaimanapun, itulah dari saya...solo, betul. Susah untuk mengatakan dimana akan dimainkan, tapi umumnya bilang kamu bisa mainkan tonic chord dan biarkan berdengung, kemudian mainkan solo sebentar, sampai perubahan berikutnya ( bisa jadi E – A sebagai contoh) kemudian kamu mainkan chord A, atau nada tunggal, dan lanjutkan solo.

Cara yang baik agar menjadi hal yang menyenangkan adalah gaya lama “panggil dan menjawab” – tune, dan mainkan untuk bagian pertama (“panggil”) kemudian, buat “jawaban” untuk itu – tapi coba buat yang sama, seperti halnya bercakap-cakap antara dua kata. Cara lain untuk membuat ini bekerja adalah mainkan sesuatu yang sangat akrab untuk frase pertama, bikin gampang dengan menaikkan satu oktaf, dengan sedikit variasi. Kamu pasti terpana bagaimana ini bisa bekerja.

Jadi sekarang kita sudah melampaui bagian (maaf bikin lama, tapi hal inilah cara menjelaskan semuanya agar kamu bisa jadi mengerti) kita bisa memindahkan ke bass line. Ada hal lain yang kamu bisa mainkan dalam gaya blues, dan kemudian tambahkan chord untuk membuat progresi, kemudian terakhir tambahkan solo dan buat hingga menjadi bagian penuh. Kali ini kita akan bekerja dalam A karena ini kunci yang bagus sekali (gampang dimainkan) – ikuti berikut ini:





Ini bisa diulang sebanyak yang kamu inginkan, dan ada segunung cara yang berbeda untuk memainkannya. Sebagai contoh, bar 2, sebaliknya memainkan apa yang dituliskan, kamu bisa melompat dari G ke string E rendah (6) dan memainkan (fret nomor) 2 – 3 – 4, hanya untuk membuat jadi menyenangkan. Ada banyak hal yang bisa kamu bangun seperti kamu buat progresi melalui pengetahuanmu, jadi lihat aja apa yang terjadi.

Menambahkan chord ke dalam sungguh mudah juga. Seperti ditunjukkan dalam tab, dana saya akan membuat chart fingering di bawah ini. Coba mainkan dalam ketuk yang berbeda sekarang dan – sebagai contoh, mainkan chord A, kemudian ke tab pada ketuk ke-dua, kemudian dengan mengikuti bar, mainkan nada pertama dalam bar, kemudian mainkan chord, dan mainkan ketuk ke-tiga dalam tab – saya harus buat ini lebih jelas bahwa nomor-nomor dalam tab termasuk ketuk dalam crotchet (akan berpengaruh), jadi kamu ganti chordnya...gampang kan. Inilah satu-satunya cara; lain waktu akan lebih baik jika menempatkan chord keluar dari ketuk, di antara dua nada bass, karena akan memberikan efek yang lebih baik (lihat tab di bawah).

Chordnya sebagai berikut:

A - 5x567x
D - x54555
Eb- x6757x
E - 076777
F - x87888

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menggambarkan tempat terbaik untuk meletakkan chord setiap waktu dan kamu tak akan salah. Tapi jangan lupa untuk mengubahnya agar tidak menjadi membosankan untuk didengar. Juga, saya tahu chord-chord ini bukan major/minor sederhana tapi untuk menghilangkan kebingungan saya akan menginggalkan ini sendiri dan tidak menamakan nama sebenarnya untuk mengubah.

Untuk menjelaskan lebih lanjut, saya akan tunjukkan sedikit bar dari tab dan chord:



Cara termudah untuk membuat chord bersuara serasi adalah membuat bentuk chord dimanapun kamu memainkan chordnya dalam progresi (bentuk A bila bar A dll..) Cara ini jika kamu ingin memainkan chord di sana, dan kamu tidak harus berpikir tentang apa yang akan kamu coba mainkan.

Jadi inilah dasar dari artikel ini, karena saya sungguh tidak ingin mempersingkat semuanya sekaligus. Jika kamu punya masalah dengan ini atau pingin memberikan komentar tentang artikel ini atau seri-seri sebelumnya, silahkan email saya di axeface@hotmail, dan saya akan membalasnya sesegera mungkin(normalnya hari ini atau besok, jika saya tidak terlalu sibuk).

Maaf kita tidak mendapatkan solo lagi bulan ini, tapi akan saya coba saya selesaikan.

Semoga bermanfaat dengan artikel ini...ini hal yang menyenangkan jika kamu memahaminya! Jadi terus genjreng.

- michael.

NB: maaf jika ada kekeliruan dalam pengejaan; saya tulis ini juga secepat mungkin agar lekas selesai. Terima kasih. Bagaimanapun, artikel ini pasti menjadi hal yang luar biasa untuk hari ini :)


- End of Blues Gitar untuk Pemula 5

2 Comments:

At 6:40 AM, Blogger Andry Andreas Panggabean said...

Mantap bro sudah share, salam gitaris :)Kunjungi juga BLog saya tentang Panduan Belajar Gitar :)

 
At 6:40 AM, Blogger Andry Andreas Panggabean said...

Mantap bro sudah share, salam gitaris :)Kunjungi juga BLog saya tentang Panduan Belajar Gitar Bagi Pemula :)

 

Post a Comment

<< Home