BELAJAR GITAR

Saturday, May 20, 2006

PERAWATAN INSTRUMENT BASS

By: Hari K. (19 Mar 2002)
Mailbox: harikiswanto@yahoo.com

Beberapa metode di bawah ini mungkin bisa memberikan masukkan bagi anda yang selama ini memiliki instrument bass namun tidak pernah mengetahui langkah-langkah apa yang harus dikerjakan agar instrument anda tetap nyaman dimainkan.

A. MEMBUAT SUARA STRING LEBIH SUSTAIN
String, dalam jangka waktu tertentu mengalami perubahan fisik maupun perubahan kualitas. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain;


Kelembaban Udara (Humidity)

Kebersihan jemari anda

Lifetime


Sebagai langkah untuk menghemat pengeluaran anda, atau jika anda ingin mengganti string hanya karena alasan sustain dan lifetimenya sudah kadaluwarsa, cobalah beberapa langkah di bawah ini. Mungkin hasilnya tidak seperti sustain string baru, namun cukup bisa memberikan perbedaan yang berarti.

1. Lepas semua string instrument bass anda mulai string terbesar (E untuk bass 4-string), string terkecil (G), kemudian kedua string A & string D.
2. Rebus string beberapa menit ke dalam air mendidih yang telah dicampuri larutan cuka secukupnya.
3. Pasang kembali dan anda akan mendapatkan string mempunyai sustain yang lebih baik. Silahkan coba jika anda ingin mendapatkan hasilnya.

B. MENYETEL STRING
Mungkin selama ini anda tidak memperhatikan bagaimana jarak string itu bisa mempengaruhi kenyamanan alat musik anda. Langkah-langkah berikut ini saya ambil dari artikel di internet yang mungkin juga bermanfaat bagi anda.

JARAK NUT TERHADAP SADDLE
Jarak Nut terhadap Saddle akan mempengaruhi intonasi string. Maksudnya jika kita mainkan open string sudah seharusnya pada fret ke-12 dan fret ke-24 mempunyai pitch 1 dan pitch 2. Atau mengeluarkan nada yang sama. Tidak boleh terlalu tinggi, atau terlalu rendah walaupun itu hanya sedikit sekali.

Jika fret ke-12 dibunyikan pitch nya terlalu tinggi, kendorkan string kemudian kencangkan skrup saddle agar string bisa terbentang lebih panjang. Atur hingga intonasi nya sesuai. Gunakan chromatic tuner untuk mengatur intonasi ini.

Perlu diperhatikan bahwa intonasi ini sangat dipengaruhi oleh ukuran string yang anda gunakan. Jadi sebelum anda mengganti string, pastikan ukuran (diameter) string sama. Jika tidak anda harus menyetel seperti langkah-langkah di atas.

JARAK NUT DARI FRETBOARD
Pada fret ke-1, jarak antara bagian bawah string terhadap permukaan fretboard seharusnya 1,5mm. Jika tidak atur ketinggian Saddle dan Nut terhadap permukaan Fretboard.

JARAK STRING TERHADAP FRET KE-7
Pada fret ke-7 (di atas besi fret ke-7) jarak antara bagian bawah string terhadap permukaan paling atas fret ke-7 seharusnya 1,5mm - 2mm. Jika tidak atur posisi trust-rod apakah Neck perlu disetel cembung atau cekung. Pemutaran sekrup trust-rod tidak boleh lebih dari 1/8 putaran untuk sekali putar !!!

JARAK STRING TERHADAP FRET KE-24
Pada fret ke-24, jarak antara bagian bawah string terhadap permukaan atas fret ke-24 seharusnya 2,5mm. Jika tidak atur posisi ketinggian saddle secukupnya. Sebelum memutar sekrup saddle dengan kunci L, kendorkan dahulu string agar bridge tidak tergores karena pergerakan sekrup (kaki) saddle.


Cukup sekian pembahasan kali ini. Jika ada yang perlu ditambahkan atau ditanyakan, jangan sungkan-sungkan untuk mengirim e-mail ke: harikiswanto@yahoo.com.

Catatan:

Artikel ini adalah milik penulis. Tidak diperkenankan untuk dipublikasikan ulang tanpa seizin dari penulis.

Semua resiko yang terjadi pada instrument anda selama pengesetan adalah tanggung-jawab anda sendiri. Artikel ini hanya panduan, bukan jaminan.


- End of Perawatan Instrument Bass

0 Comments:

Post a Comment

<< Home